It’s all about my precious grandma

Innalillahi wa innaillaihi raji’un

Telah berpulang ke rahmatullah Hj. Andiyah pada tanggal 25 Juni 2015.

Ya, Hj. Andiyah adalah nenek ku tersayang yang telah menjagaku sejak aku pertama kali menghirup nafas di dunia ini. Beliau sangat menyayangi dan mengasihiku sampai beliau menganggap aku adalah anak terakhir beliau, anak ke 11. Beliau bahkan menungguku di detik-detik terakhir beliau sebelum menghembuskan nafas terakhir. Masih jelas dalam bayanganku, bagaimana beliau meninggal, bagaimana suara isak tangis anak-anak dan cucu-cucu beliau saat dokter menyatakan beliau sudah tidak ada. Bagaimana aku yang hanya bisa terisak sambil membaca surat Yasin di samping beliau. Sungguh, rasanya bagaikan setengah jiwaku menghilang. Ayahku hanya bisa memelukku dan berkata sambil menangis “nak, kamu harus ikhlas agar mbah tenang di sana”. Aku memang ikhlas, sejak awal aku memang sudah ikhlas karena firasat akan ditinggalkan sudah ada sejak setahun yang lalu saat beliau berkata “Kalau lebaran depan mbah masih ada ya”. Saat beliau berkata begitu aku hanya bisa menangis sambil berkata “jangan bilang seperti itu, aku tidak ingin kau tinggalkan”. Dan beliau menjawab “setiap manusia pasti akan meninggal, kamu tak boleh berkata begitu”. Dan aku hanya menangis tanpa berkata apa-apa.

Hal yang paling membuat aku sedih adalah aku tak bisa bertemu beliau selama 6 bulan, dan harus bertemu beliau di detik-detik terakhir beliau. Keinginan beliau yang tidak bisa aku penuhi adalah tidur bersama beliau. Aku selalu menolak untuk tidur bersama beliau, bukan karena aku tak mau, aku hanya takut, takut saat aku bangun dan aku membangunkan beliau, beliau tidak bergerak, tidak menjawab. Aku takut. Sehingga aku tidak pernah bisa memenuhinya. Maafkan aku mbah, maafkan cucumu ini yang belum bisa membahagiakanmu. Aku ikhlaskan kepergianmu. Semoga engkau tenang di sana. Semoga engkau diberikan tempat yang terindah di sisi Allah SWT. Amin ya rabbal’alamin.

From your precious grandchild who become your daughter :’)

I love you ♥♥♥

Tinggalkan Balasan

